Sabtu, 8 Agustus 2020
Beranda Lifestyle Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cemerlang

Cara Mencuci Baju Putih Agar Tetap Cemerlang

Tips dan cara mencuci baju putih dengan benar agar tidak cepat terlihat kusam dapat menunjang penampilan agar semakin keren.

Merawat pakaian putih memang sedikit berbeda dibandingkan dengan pakaian yang memiliki warna lain.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena kotoran yang menempel pada pakaian berwarna putih sangat rentan meninggal noda, bahkan bisa merubah pakaian menjadi kusam.

Apalagi jika pakaian itu sering Anda gunakan dalam beraktivitas, misalnya bekerja atau bersekolah.

Salah merawat baju berwarna putih bisa membuat warnanya menjadi cepat berubah dan penampilan Anda malah terkesan kotor.

Akan tetapi, hal tersebut takan terjadi jika Anda merawatnya dengan baik dan benar. Selain untuk bekerja dan bersekolah, pakaian berwarna putih juga disukai banyak orang.

Karena warna putih dapat dengan mudah dipadupadankan dengan kombinasi warna lainnya.

Meski demikian, Anda harus mengetahui apa saja sih tips mencuci baju putih agar tetap cemerlang dan tidak terlihat kusam dan kekuning-kuningan.

Cara Mencuci Baju Putih

Berikut ini cara-cara mencuci baju putih dengan tangan maupun mesin cuci.

Pilah pakaian sesuai warna ketika hendak mencuci

Langkah utama yang harus Anda perhatikan adalah untuk memilah pakaian kotor yang hendak dicuci sesuai kategori warnanya.

Pisahkan pakaian putih dengan pakaian yang memiliki warna lain. Contohnya, warna biru atau warna lainnya. Hal tersebut bertujuan agar bisa mencegah kelunturan dari pakaian berwarna.

Detergen

Pilih detergen yang mengandung optical brighteners. Kandung tersebut dapat membuat pakaian terlihat lebih putih.

Maksimalkan dengan bahan pemutih lainnya

Apabila Anda merasa detergen yang sudah digunakan kurang bersih, maka dari itu tingkatkan kinerjanya dengan menambahkan setengah gelas atau satu gelas soda kue pada setiap Anda mencuci.

Perhatikan suhu air

Air yang memiliki suhu hangat bisa menjadi salah satu rekomendasi Anda untuk mencuci pakaian karena bisa membantu melepaskan minyak tubuh dan kotoran-kotoran yang tertinggal dan menyebabkan baju kusam.

Kucek bagian tertentu

Mengucek dengan tangan dapat memaksimalkan pakaian menjadi sangat bersih. Coba cek lagi bagian-bagian yang sering terlewat Anda kucek.

Ketika mencuci disarankan Anda untuk selalu mengucek atau menyikat bagian kerah, ketiak, lipatan tangan dan kantong pakaian menggunakan tangan.

Karena pada bagian-bagian tersebut biasanya menjadi tempat berkumpulnya debu, kotoran dan daki yang sangat sulit hilang jika hanya menggunakan mesin cuci.

Hindari mesin cuci yang penuh

Cucian numpuk dan Anda memutuskan untuk memasukkan semuanya ke dalam mesin cuci secara bersamaan. Mulai sekarang hindari kebiasaan mengisis penuh mesin cuci dengan pakaian.

Meski sudah memisahkan pakaian sesuai kategori warna, namun jika mencuci pakaian dalam kondisi mesin cuci yang penuh, hasilnya tidak akan bersih dengan optimal.

Mengindari mesin cuci yang penuh dapat menjadi cara mencuci baju putih agar tetap cemerlang.

Jemur di bawah sinar matahari

Menjemur seluruh pakaian yang telah Anda cuci dengan bersih di bawah teriknya sinar matahari secara langsung sangat baik dilakukan.

Sinar ultraviolet dari matahari dapat menjadi langkah Anda untuk membuat warna baju menjadi cerah dan putih cemerlang. Jika sudah benar-benar kering, segera angkat pakaian dari jemuran.

Atur suhu setrika

Setelah pakaian kering dan diangkat dari jemuran, setrikalah pakaian berwarna putih dengan temperatur yang tidak terlalu tinggi.

Temperatur yang tinggi dapat membuat setrika menjadi sangat panas, hal ini tidak baik untuk pakaian putih Anda.

Mengapa demikian? Temperatur yang terlalu panas dapat menggosongkan pakaian putib dan meninggalkan bekas kekuningan yang sulit hilang. Jika masih kusut, semprotkan cairan pelicin untuk membuatnya mudah licin dan rapi.

Penyimpanan

Cara benar mencuci baju putih sudah Anda lakukan, sekarang giliran Anda menyimpannya dengan benar.

Untuk menjaga agar pakaian putih tidak cepat kusam dan lecek, gunakan gantungan pakaian berbahan plastik atau kayu.

Disarankan untuk menghindari menggunakan gantungan dengan bahan besi karena rentan menimbulkan bercak karat pada pakaian.

Itu dia teman-teman, langkah demi langkah cara mencuci baju putih dengan baik dengan tangan maupun mesin cuci telah kami jelaskan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

106,198FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,263PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan