Sudah Berdiri Belasan Tahun Silam, Rumah Batu di Wonogiri Mirip ‘Patrick’ Hebohkan Dunia Maya

Sudah Berdiri Belasan Tahun Silam Rumah Batu di Wonogiri Mirip Patrick Hebohkan Dunia Maya
Sudah Berdiri Belasan Tahun Silam Rumah Batu di Wonogiri Mirip Patrick Hebohkan Dunia Maya

RANCAH POST – Sekitar satu minggu terakhir, sebuah rumah yang berlokasi di Dusun Mujing, Desa Genengharjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kabupaten Wonogiri, menggegerakan dunia maya.

Rumah tersebut membuat heboh lantaran bentuknya yang disebut mirip dengan tokoh kartun Patrick, teman Spongebob.

Rumah batu di Wonogiri milik warga bernama Sutini itu viral di dunia maya usai diposting pada grup Facebook Kabar Wonogiri pada akhir November lalu.

Hanya saja meski rumah batu Wonogiri itu heboh belakangan ini, ternyata keberadaannya sudah ada sejak 16 tahun yang lalu.

Loso, suami dari Sutini membangun rumah batu tersebut pada tahun 2002 dengan konstruksi dinding dan atap yang terbuat dari semen.

Hanya dalam waktu 6 bulan, rumah dari batu di Jawa Tengah dengan ukuran 9×9 meter itu selesai dibangun oleh 5 orang tukang.

“Biaya membangun rumah itu sekitar 100 juta dan dikerjakan oleh 5 tukang selama 6 bulan. Rumah ini dibangun selepas saya lulus dari STM pada tahun 2002,” terang Nurwono, putra sulung Sutini, Kamis (5/12/2018).

Dikatakan Nurwono, rumah batu di Jawa Tengah itu dibangun bukan karena terinspirasi dari film kartun, tapi karena pekerjaan bapaknya yang membangun taman dan rumah.

“Tidak ada kaitannya dengan kartun, apalagi pada saat itu belum ada Spongebob. Bapak kan biasa membuat taman, di taman itu biasanya ada batu-batu bulatnya. Kemudian muncul ide kalau dibuat jadi rumah akan seperti apa,” ujar Nurwono.

Kini setelah viral di media sosial, rumah batu di Wonogiri itu kerap didatangi ratusan warga yang penasaran dengan bentuknya.

“Mereka masuk ke dalam, bahkan naik ke lantai 2 untuk foto-foto. Ada juga yang hanya untuk dokumentasi video,” kata Nurwono.

Meski bentuknya tak biasa, rumah tersebut tak panas pada siang hari. Justru sebaliknya, panas apabila malam hari tiba.

BACA JUGABertuliskan ‘Bohemian Rapsody’, Rumah Klasik Bergaya Eropa di Blitar Gegerkan Media Sosial

Selain itu, kondisi rumah pun tidak pengap lantaran banyaknya jendela yang membuat sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama