Selasa, November 24, 2020
Beranda Berita Berita Nasional Operasi Zebra di Gorontalo, Emak-Emak Ini Ngamuk dan Ludahi Petugas Saat Hendak...

Operasi Zebra di Gorontalo, Emak-Emak Ini Ngamuk dan Ludahi Petugas Saat Hendak Ditilang

RANCAH POST – Ada kejadian unik mewarnai hari pertama Operasi Zebra di Gorontalo.

Ya, seorang wanita berinisial YA mengamuk saat hendak ditilang oleh anggota polisi di ruas Jalan Trans Sulawesi, Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato.

Sebagaimana dihimpun, kejadian emak-emak ngamuk saat hendak ditilang pada saat Operasi Zebra di Gorontalo itu bermula ketika wanita berinisial YA hendak pulang usai makan bersama suaminya di sebuah warung.

Saat hendak pulang, YA melintas dengan cara melawan arah.

“Betul kami tidak lewat jalur sebenarnya, soalnya kami sudah dekat dengan pertigaan yang mau kami lalui. Tapi tiba-tiba ada polisi menghampiri kami,” kata YA.

YA yang berasal dari Desa Buntulia Tengah Kecamatan Buntulia pun menyesalkan sikap petugas. Pasalnya, banyak pengendara tak menggunakan helm tapi tidak ditindak.

Bahkan menurutnya, polisi dalam Operasi Zebra itu tak menggunakan sopan santun sebagaimana seharusnya.

“Kunci motor saya langsung dicabut, mereka tanya SIM dan STNK. Saya cuma ke warung, jadi tidak membawa SIM. Mereka memaksa membawa motor kami, kasar,” ucap YA.

Wanita di Gorontalo ngamuk saat Operasi Zebra itu pun menanyakan prosedur penilangan lantaran tak ada papan tanda operasi yang biasanya terletak di tengah jalan.

Adapun sebagaimana diterangkan Kasat Lantas Polres Pohuwato AKP Okta Rahmansyah, SIK, tindakan yang dilakukan anggotanya dalam Operasi Zebra di Pohuwato sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menurutnya, sebagaimana tertuang pada PP Nomor 80 Tahun 2012, ada dua sistem penindakan terhadap pelanggar.

Sistem pertama adalah hunting, sedangkan sistem kedua adalah stasioner (menggunakan papan tilang). “Patroli yang dilakukan juga dilengkapi dengan surat perintah,” ujar Okta.

Aksi emak-emak ngamuk saat hendak ditilang itu pun viral setelah video beredar di media sosial yang salah satunya dibagikan oleh akun Facebook Eris Riswandi.

BACA JUGAVIDEO Viral Ngambek Kena Razia Operasi Zebra, Siswi SMA Tendang Helm dan Banting HP Polisi

“Ibu ini di hentikan petugas karena melawan arus dan tidak mengenakan helm, namun saat akan di tilang dia mulai memarahi petugas dan menyerang warga sipil yang ikut menonton kejadian tersebut, bahkan ibu ini sempat meludahi petugas,” tulis Eris, 30 Oktober 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here