Warga Tangkap Buaya Muara Seberat 600 Kg, Usianya Dipekirakan Puluhan Tahun

Warga Tangkap Buaya Muara Seberat 600 Kg Usianya Dipekirakan Puluhan Tahun
Warga Tangkap Buaya Muara Seberat 600 Kg Usianya Dipekirakan Puluhan Tahun

RANCAH POST – Warga yang berada di wilayah Aceh Timur berhasil menangkap buaya muara berukuran raksasa yang keberadaannya dianggap meresahkan.

Buaya muara itu diperkiran memiliki panjang sekitar 5 meter dan berat sekitar 1 ton.

Dikatakan Polisi Hutan Pertama BKSDA Aceh, Rahmat, pihaknya menerima kabar dari Camat Julok Zainuddin yang menyebutkan bahwa warga berhasil menangkap buaya raksasa.

“Warga merasa adanya buaya itu cukup meresahkan sehingga dijaring dan ditangkap ramai-ramai,” ucap Rahmat, Selasa (14/2/2018).

“Sebenarnya buaya tersebut tidak mengganggu. Tapi ditangkap supaya keresahan warga mereda,” tambah Rahmat.

Masih dikatakan Rahmat, buaya muara raksasa itu ditangkap oleh warga di wilayah Kwala Malehan, terusan Sungai Arakundo, Aceh Timur.

Buaya tersebut sempat beberapa kali menampakkan diri sehingga dikhawatirkan akan ada warga yang menjadi korban.

“Buaya itu kondisinya baik karena ditangkap menggunakan jaring. Coba kalau ditangkap menggunakan pancing, peluang hidupnya mungkin kecil,” terang Rahmat.

Dikarenakan merupakan satwa yang dilindungi, buaya muara tersebut akan dievakuasi oleh BKSDA Aceh.

Buaya raksasa itu disebutkan berjenis kelamin betina dan berbobot 600 kilogram. Hal itu sebagaimana diutarakan Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Lhokseumawe BKSDA Aceh Dedi Irvansyah.

“Umurnya sendiri diperkirakan 70 tahun karena giginya sudah rontok sebagian. Untuk penanganan selanjutnya, akan kita titipkan ke Taman Hutan Langsa, Kota Langsa,” kata Dedi.

Sebagaimana dihimpun, penangkapan buaya raksasa juga terjadi di Desa Sebangau Besar, Kalimantan Tengah. Bahkan buaya tersebut sempat menyerang dan menewaskan seorang warga.

Adalah warga bernama Aman yang tewas diserang buaya muara ketika mencari udang di Muara Sungai Sebangau, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Sabtu (20/1).

BACA JUGAVIDEO Buaya Mengantar Mayat Pria Hilang ke Tepi Sungai Hebohkan Medsos

Jasad Aman ditemukan dalam kondisi tidak untuh akibat serangan buaya tersebut.

Loading...

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama