Connect with us

Rudal Korea Utara Disebutkan Bisa Jangkau Ciamis

Rudal Korea Utara Disebutkan Bisa Jangkau Ciamis
Ilustrasi (MERDEKA)

Berita Ciamis

Rudal Korea Utara Disebutkan Bisa Jangkau Ciamis

BERITA CIAMIS, RANCAH POST – Teknologi yang dimiliki negara di bawah pimpinan Kim Jong Un, Korea Utara, bisa disebut pesat.

Korea Utara yang dikenal dengan negara yang tertutup itu dikabarkan sudah bisa menciptakan rudal yang daya jelajahnya bisa menjangkau Indonesia.

Hal tersebut sebagaimana diutarakan Marzuki Darusman, mantan Pelapor PBB Khusus untuk Situasi HAM di Korea Utara manakala memaparkan situasi di Korut dalam sebuah diskusi yang dihelat oleh Amnesti Internasional Indonesia.

“Kalau ke arah utara, rudal Korut itu jangkauannya bisa sampai Amerika. Kalau ke arah selatan, bisa menjangkau Garut (Pameungpeuk) dan Ciamis. Di Pameungpeuk itu ada pusat peluncuran satelit dan roket milik kita,” ujar Marzuki, Rabu (7/6/2017).

BACA JUGAKim Jong-Un Eksekusi Mati Wakil Perdana Menteri

Dikatakan Marzuki, pesatnya perkembangan negara berhaluan komunis itu perlu diwaspadai oleh negara-negara lainnya, begitu pula dengan Indonesia.

Meski hingga sekarang ini hubungan antara Korut dan Indonesia berlangsung baik, tidak menutup kemungkinan Indonesia bisa menjadi sasaran serangan negara dengan ibukota Pyongyang itu.

Korea Utara dengan kemampuannya sudah menjadi suatu potensi ancaman bagi kita. Yang tadinya jauh di atas sana, sekarang kita juga jadi potensi obyek dari jangkauan militer Korea Utara.

Marzuki pun bependapat bila Indonesia harus mengambil sikap dengan memprakarasai konsolidasi dengan Korea Utara.

Kendati demikian, tidak dengan melakukan dukungan memerangi Korea Utara seperti yang dilakukan sejumlah negara.

Justru dengan memerangi Korut akan menambah ketegangan di Semenanjung Korea. Terlebih selama ini hubungan Indonesia dan Korut dalam kondisi yang sangat baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Berita Ciamis

Advertisement
To Top