RANCAH POST – Dunia teknologi dan informasi terutama dalam lingkup software termasuk aplikasi Android kini semakin berkembang pesat setiap tahunnya. Begitu pun yang terjadi di Indonesia tidak ingin kalah dengan negara adidaya dunia.

Hal tersebut terbukti dari beberapa anak bangsa yang mampu mengembangkan software canggih dimana diam-diam karya mereka sudah terkenal di belahan dunia.

Mungkin Anda masih belum  percaya jika memang ada beberapa aplikasi yang ada saat ini adalah hasil inovasi orang asli Indonesia.

Tidak salah bagi Anda lantaran tidak banyak yang memberitakan di media bahwa putra-putri Indonesia ini ternyata memiliki prestasi yang mampu bersejajar dengan negara-negara maju lainnya, seperti Amerika, Korea Selatan, hingga China.

BACA JUGA: Game Action Android Paling Seru

Berikut daftar aplikasi untuk Android dan iOS buatan anak bangsa yang mendunia ini.

Daftar Aplikasi Buatan Anak Bangsa

Catfiz

Beberapa alumni dari Institut Teknologi Surabaya memiliki  ide dalam  mengembangkan aplikasi instant messenger bernama Catfiz.

Adapun nama dari aplikasi tersebut terinspirasi dari  Lele “Catfish” dimana akan mampu menjadi binatang yang mudah untuk dikembangkan serta mampu beradaptasi di semua tempat di Indonesia.

Daftar Aplikasi Android Buatan Anak Bangsa Yang Sudah Mendunia

Tidak mengherankan jika aplikasi tersebut telah mencapai 6,5 juta pengguna Android dimana di antaranya dengan 3,5 juta pengguna aktif.

Save the Hamster

Siapa sangka mahasiswa dari Indonesia tidak mau kalah dengan developer ternama di dunia.

Adapun 3 mahasiswa yang berasal dari Universitas Trunojoyo mampu  membuktikan hal tersebut yang pada akhirnya mereka berhasil memenangkan juara kedua kategori game pada Imagine Cup 2013 yang diselenggarakan di Rusia.

Dimana game ini menyajikan kegiatan belajar menghitung lantaran pada tiap tingkatannya pada soal operasi matematika dasar, misalnya penjumlahan dan pengurangan yang harus diselesaikan.

Selain itu, juga dapat mengajarkan pengguna untuk mencari strategi terbaik untuk mencapai tujuan. Game ini sangat cocok bagi anak-anak untuk dimainkan.

Infinite Sky

Infinite Sky merupakan game yang menghadirkan pesawat tempur yang disajikan dengan tampilan berupa grafis 3D.

Sama seperti namanya, yakni Infinite Sky  yang berarti langit tanpa batas kemudian menampilkan aksi terbang tanpa henti-hentinya.

Game Android Seru Karya Anak Bangsa Cocok Dimainkan Saat Bulan Puasa

Dalam permainan tersebut pemain akan terus berusaha memainkannya selama pesawat belum hancur. Aplikasi ini siap diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Konon Infinite Sky ini telah menduduki 10 besar aplikasi yang paling banyak di download.

Icon Pop Quiz

Game Icon Pop ini menyajikan permainan dengan menebak apa nama icon yang muncul bisa dari nama orang, brand, film, hingga karakter imajinatif.

Saat Anda berhasil menebaknya maka akan memperoleh poin yang mampu diakumulasi sampai pertanyaan terakhir yang bisa Anda jawab.

Tak heran jika game seru tersebut menyandang sebagai aplikasi ‘Top Free’ dan pernah menduduki peringkat pertama di beberapa negara seperti Inggris, Australia, Kanada, Filipina, dan Indonesia.

Picmix

Picmix merupakan aplikasi karya anak bangsa yang menghasilkan editor foto dimana mampu bersaing dengan aplikasi editor foto dengan developer dunia.

Kelebihan yang ada pada Picmix adalah sangat mudah untuk digunakan karena bersifat user friendly.

Adapun fitur unggulan yang disajikan adalah hasil editing foto dapat langsung dibagikan ke media  sosial. Di samping itu, juga terdapat fitur berupa filter dan frame.

BACA JUGA: Aplikasi Edit Foto Makanan Terbaik

Nah, bagaimana? Sekarang Anda percaya tidak? Untuk itu, kita beri dukungan mereka dengan cara menggunakan aplikasi buatan anak bangsa untuk disematkan ke dalam smartphone yang kita miliki.

Share.

Leave A Reply