RANCAH POST – Pelajar kelas VIII MTs Negeri Langsa Lama, Kota Langsa, Nangroe Aceh Darussalam bernama Naufal Rizki berhasil menemukan sumber energi baru untuk menyalakan sebuah bohlam lampu. Uniknya, sumber lsitrik itu ia dapati dari sebuah pohon kedondong.

“Saya mempelajari dari buku IPA, saya membaca bahwa buah yang di dalamnya mengandung asam bisa menghantarkan listrik. Saya lakukan uji coba pada kentang, tapi setelah itu saya pikir bila buahnya mengandung asam pasti pohonnya juga sama. Saya pun kemudian bereksperimen,” ungkap Naufal, Sabtu (29/10/2016), dalam Pertamina Science Fun Fair 2016.

Naufal Rizki menjelaskan, eksperimen itu pertama kali ia lakukan pada pohon mangga, namun ternyata tidak layak. Naufal akhirnya menemukan pohon kedondong pagar yang mempunyai getah atau kadar asam yang bisa menghantarkan listrik. Oleh ayahnya, Naufal kemudian dibantu dalam percobaan itu. “Kebetulan ayah kerjanya di elektronik, jadi sedikit banyak saya juga mengetahui tentang alat listrik,” katanya.

Temuan sumber energi dari pohon kedondong ini memang sederhana, rangkaiannya terdiri dari pipa berbahan tembaga, besi, kapasitor, dan dioda. Adapun arus listriknya bergantung kepada kadar keasamaan pohon itu sendiri. Naufal Rizki bocah penemu listrik dari pohon kedondong itupun telah melakukan 60 percobaan dengan biaya yang dikeluarkan Rp14 juta. Dengan penemuannya ini, sepuluh pohon kedondong pagar bisa mengaliri listrik satu buah rumah.

“Saya ingin jadi seorang ilmuan, seterusnya saya ingin mengembangkan percobaan untuk menghidupkan alat elektronik,” ucap Rizki, saat ditanya cita-cita dan keinginannya ke depan.

Hadirnya Nufal dalam Pertamina Science Fun Fair 2016 itu sendiri dimaksudkan untuk berbagi inspirasi kepada mereka yang mengikuti lomba agar bisa menghasilkan sebuah karya yang inovatif. Dari ajang ini, nantinya diharapkan lahir Naufal yang lain yang bisa membawa harum nama bangsa.

Share.

Leave A Reply