RANCAH POST – Siapa yang tidak kenal dengan game strategi populer di platform Android, Clash of Clans yang sering kita panggil dengan nama CoC. Tanpa disangka, game yang amat digemari di seluruh dunia ini bisa dikalahkan popularitasnya oleh game pendatang baru yang diluncurkan bulan April 2016 kemarin, berjudul ‘Tahu Bulat’.

Game buatan lokal ini mampu menendang menendang CoC dari posisi pertama di kategori Top Free pada Play Store. Hal ini jelas cukup mengejutkan mengingat perbedaan usia antara game Tahu Bulat dengan Clash of Clans yang sudah hadir sejak awal tahun 2012 silam.

Dari namanya saja suah ketahuan, bahwa game Tahu Bulat ini adalah game buatan lokal yang diangkat dari kehidupan sehari-hari di lingkungan Indonesia, khususnya di beberapa daerah di pulau Jawa. Game ini bercerita tentang penjual tahu bulat, dagangan lokal yang kerap dijajakkan secara keliling oleh penjual dengan menggunakan mobil bak terbuka yang telah ditambah atap.

Pada game ini, pemain ditugaskan untuk mengurus dagangan tahu bulat dan mencoba sebisa mungkin menarik banyak pelanggan sembari meningkatkan peralatan jualan untuk mendongkrak pendapatan. Kurang lebih game ini bisa dikatakan sebagai game edukasi yang mengajarkan ilmu manajemen dengan cara yang asyik kepada kalangan muda dan anak-anak.

Game ini bisa dikatakan cukup kreatif karena tidak mengikuti kebanyakan game yang sudah ada. Meski mungkin ada beberapa game dengan sistem dan game play yang agak mirip.

Sebagai produk buatan lokal, game Tahu Bulat ini terbilang cukup sukses karena telah diunduh hingga lebih dari 100.000 kali di toko aplikasi Android, padahal umurnya masih baru satu bulanan. Walaupun dari segi jumlah unduhan memang tidak bisa menyaingi Clash of Clans aka CoC yang sudah hadir lebih lama dan diunduh lebih 100 juta kali.

Tak Disangka, Popularitas 'Clash of Clans' Bisa Kalah oleh Game 'Tahu Bulat'

Perlu diingat pula bahwa posisi pertama yang direbut Tahu Bulat dari CoC ini hanya pada summary list saja. Sementara ketika ditelik lebih dalam dan menyeluruh, rupanya game tahu bulat menduduki posisi ke-19, lebih tinggi dibanding Clash of Clans yang turun ke posisi ke-21.

Share.

Leave A Reply