RANCAH POST – Komikus asal Jepang atau dikenal dengan nama mangaka Shigeru Mizuki meninggal dunia di usia 93 tahun. Seniman yang dikenal dengan karakter hantu dan juga monster dan terinspirasi dari cerita rakyat itu sudah dirawat sejak 11 November lalu.

Mizuki meninggal dikarenakan kegagalan beberapa organ di tubuhnya. Sebelum dirawat, ia sempat tersandung sampai kepalanya terbentur kemudian pingsan. Kematiannya sungguh membawa duka mendalam untuk sejarah manga di negara Matahari Terbit tersebut.

Mizuki dikenal melalui komik seri ‘Gegege no Kitaro’ yang menjadikan nama anime memperoleh pengakuan global dan juga mendunia. Menceritakan mengenai seorang anak muda melawan monster yang didasarkan dari cerita rakyat Jepang.

Setelah komiknya diterbitkan, animasinya pun banyak disukai dan memperoleh perhatian publik. Selain itu, cerita-cerita yang diciptakannya juga berdasarkan pengalamannya saat berperang khususnya pada 1922 saat dirinya ada di Papua Nugini selama Perang Dunia II.

Ketika itu, Mizuki kehilangan lengan kirinya. tetapi, ia tetap melanjutkan untuk menulis manga, komik, dan juga karya-karya lainnya.

Sebuah museum pun dikhususkan untuk Mizuki di tahun 2003 lalu di kota Sakaiminato di kampung halamannya, Tottori. Masyarakat sekitar memberi nama distrik perbelanjaannya di kawasan itu dengan nama ‘Mizuki Shigeru Road’.

Di tahun 2009, Mangaka Shigeru Mizuki juga menerima penghargaann  the Heritage Essential Award of the Angouleme International Comics Festival di Prancis.

Share.

Leave A Reply