Berita Terkini, RANCAH POST – Jelang gelaran wukuf Arafah yang akan digelar hari ini, Rabu (23/09/2015), sejumlah tenda jamaah calon haji Indonesia di Maktab 8, Arafah, roboh akibat terjangan angin kencang. Kecepatan angin yang menerpa Arafah pada pukul 20.00 Waktu Arab Saudi tersebut mencapai 19 kph .

Menag Lukman Hakim Saifuddin yang sedang menuju tenda Amirul Hajj langsung meninjau lokasi kejadian. Hasilnya, 300 jamaah calhaj Indonesia segera dievakuasi.

Menteri juga meminta pendamping haji mencari tenda baru untuk para korban. Lukman katakan, “Tolong segera mencari alternatif tenda, berapa kapasitas tenda yang ada.”

Dalam telewicara tersebut, diketahui ada 3 tenda yang bisa menjadi alternatif untuk dipakai melangsungkan wukuf Arafah, yaitu tenda musala, tenda untuk pengurus maktab dan tenda muassasah.

Namun, kapasitas 3 tenda tersebut hanya bisa menampung sekitar 150 orang. Sementara jumlah jemaah haji yang tendanya roboh hingga 300 orang.

Sementara itu, pengelola Maktab tidak berani mendirikan kembali tenda yang roboh karena khawatir roboh kembali.

Lukman pun meninjau tenda Muassasah yang keadaannya lebih baik, ia kemudian meminta kepada Kepala Satuan Operasi Arafah, Muzdalifah, dan Mina Letnan Kolonel Abu Haris mengevakuasi para korban ke Musala Maktab 9 dan Kantor Maktab 8.

Share.

Leave A Reply