Diperbarui, Fitur Pencarian Facebook Bawa Kemampuan Baru

Cari di Facebook
Cari di Facebook

RANCAH POST – Setelah sebelumnya mengubah dan mengkaji ulang kebijakan privasinya, Facebook kini memutuskan utuk lebih fokus di bidang pencarian. Hal ini dilakukan Facebook dengan memperbarui fungsi pencarian mereka, serta menambah kemampuan baru, untuk menemukan postingan lama anda.

Seperti yang dilansir laman TechTime (10/12/2014), menurut PV of Search Facebook, Tom Stocky, melalui postingan di blognya, fitur ini merupakan alat tambahan, untuk membantu pengguna dalam menemukan kembali postingan lama mereka, yang telah diublikasikan bertahun-tahun lalu.

“Seperti yang anda katakan kepada kami, bahwa yang paling penting dari mesin pencari adalah dapat menemukan postingan lama, atau sebuah postingan yang pernah kita lihat sekilas. Dan kini anda dapat melakukannya.” Ujar Stocky. “Dengan fitur pencarian cepat ini, anda akan dapat menemukan kembali kenangan lama anda, video kelulusan, berita lama yang ingin anda baca dan bahkan foto pernikahan teman anda yang sudah diunggah bertahun-tahun lalu,” tambahnya.

Dengan kata ‘post’ yang diungkapkan Stocky, kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa konten yang dapat kita cari merupakan konten individual, konten yang diposting bersama seseorang, dan bahkan konten yang diposting untuk publik. Sehingga konten yang ingin kita temukan dapat dicari dengan menggunakan kata kunci berupa kata yang berkaitan dengan konten tersebut, atau teman kita yang juga tercantum dalam konten tersebut.

Kalau begitu, konten lama kita takan aman dong? Toh semua orang akan dapat menggali masa lalu kita.

Tidak juga, sebenarnya, disamping hadirnya manfaat dari fitur pencarian baru ini, kita juga dapat sekalian mencoba fitur privasi baru Facebook. Yang mana dapat mengubah setting visibilitas posting lama kita secara masal.

Kita dapat mengakses fitur ini dengan masuk ke menu privasi, yang diwakili sebuah icon gembok pada banner biru Facebook. Ketika di klik, akan muncul beberapa pilihan menu privasi. Pilih saja ‘lihat pengaturan lain’, dan anda akan dialihkan ke halaman kontrol untuk pengaturan privasi dan peralatan. Di sini, anda memiliki kontrol penuh atas pengaturan akun Facebook termasuk pengaturan privasi anda.

Di sana, anda akan menemukan kolom “Siapa yang dapat melihat kiriman lama saya?”, selanjutnya pilih “batasi kiriman”.

Dengan begitu, pengaturan visibilitas untuk kiriman atau post lama anda akan diubah secara masal dari ‘publik’ dan ‘teman dari teman’ menjadi ‘teman saja’. Dan hebatnya, anda masih akan dapat mengubah pengaturan vissibilitas dari setiap posting secara manual.

Tinggalkan komentar

Masukkan komentar Anda
Masukkan nama