RANCAH POST – Sang pemilik perusahaan media sosial terbesar, Mark Zuckerberg tampaknya kini bisa sedikit menyombongkan dirinya kepada orang-orang yang sebelumnya telah meremehkan kinerja dari Facebook Inc dua tahun lalu.

Pasalnya, ketika itu, beberapa saat setelah ia mendaftarkan sahamnya di bursa New York, saham dari perusahaan jejaring sosial Facebook tersebut sempat jatuh hingga titik terendah. Namun pada kamis malam (24/07/2014) kemarin, saham Facebook berhasil menggapai rekor tertingginya sepanjang sejarah.

Menurut data dari Bloomberg, pada penutupan tadi malam, saham Facebook meningkat sebesar 5,2% menjadi 74,99 dollar AS. Level ini tentunya berada di titik yang lebih tinggi dari bulan Maret lalu, yang mencapai nilai 72,03 dollar AS. Dan tentunya, hal ini turut meningkatkan nilai kapitalis pasar Facebook menjadi hampir 200 miliar dollar Amerika.

Salah satu faktor utama yang mendorong kesuksesan Facebook ini adalah konten iklan mobile yang meningkat. Sehingga dapat turut meningkatkan pendapatan dan laba Facebook.

Sebagai catatan saja. Kemarin, Facebook membukukan penjualan yang melompat hingga 61% di kuartal kedua, hingga menjadi 2,91 miliar dollar amerika. Angka jelas melebihi perkiraan para analis yang jatuh di harga 2,81 juta dollar Amerika. Dan dari jumlah tersebut, 62% disumbangkan dari penjualan iklan, yang mana meningkat sebesar 3% dari jumlah 59% pada periode sebelumnya.

Bukan hanyaitu, laba bersih Facebook juga ternyata ikut meningkat sampai dua kali lipat menjadi 791 juta dollar AS, dengan laba luar sejumlah 42 sen per saham. Sekali lagi, angka ini melebihi proyeksi para analis yang jatuh di angka 32 sen saja.

Share.

Leave A Reply