22 C
Ciamis
BerandaBeritaBerita NasionalSaat MOS Siswi SMK Meninggal, Mendikbud: Harus Usut Tuntas!

Saat MOS Siswi SMK Meninggal, Mendikbud: Harus Usut Tuntas!

RANCAH POST– Mendikbud M Nuh tengah turut berduka atas meninggalnya salah seorang siswi SMK 1 Pandak Bantul, yaitu Anindya Ayu Puspitasari (16) warga Dusun Daleman, Srigading, Kecamatan Sanden, saat mengikuti Masa Orientasi Sekolah (MOS).

Mantan rektor ITS Surabaya ini minta masalah tersebut diusut tuntas.

“Yang pertama jelas saya berduka. Kemudian tentu, itu harus diusut tuntas,” kata M Nuh di Bandara Cengkareng usai melakukan kunjungan ke Papua, Minggu (21/7/2013).

M Nuh menyatakan pihak sekolah harus bertanggung jawab. Mereka harus memastikan penyebab meninggalnya siswi tersebut, apakah karena materi MOS atau hal lain.

“Saya kira MOS bagus, hanya kontennya memang harus terus diawasi dan dievaluasi,” ujar M Nuh yang didampingi pejabat Kemendikbud ini.

Informasi yang diterima kemendikbud, pada pukul 15.00 WIB, Jumat (19/7), seluruh siswa SMK 1 Pandak dikumpulkan di lapangan. Yang tidak berseragam, termasuk Anindya, diminta scoth jump. Ketika masuk barisan, korban pingsan dan dibawa ke UKS. Korban meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Pihak sekolah menyatakan tidak ada kekerasan dalam MOS. Guru olahraga Eddy Soetoro menjelaskan bahwa keluarga mengakui korban memang sering pingsan. Eddy juga membantah korban kelelahan.

“Dia nggak mengeluh apa-apa. Menurut keluarganya dia memang sering pingsan sejak SMP,” ujarnya di RS PKU Muhammadiyah, Jumat (19/7).

Berbeda dengan keterangan guru, salah satu kakak kelas yang juga panitia MOS mengakui Anindya sempat mendapat hukuman lompat 10 kali karena tidak menggunakan kaos olah raga saat baris berbaris.

Kepolisian mengusut kasus ini, tapi mereka belum bisa mengambil tindakan apapun. Mereka belum bisa menyimpulkan ada tidaknya unsur kelalaian pihak sekolah dalam kasus ini. “Kita masih menyelidiki. Belum dapat mengambil tindakan lebih lanjut,” ujar Kasat Reskrim Polres Bantul AKP Alaal Prasetya.[dtk]

Stay Connected

104,871FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,256PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here