Selasa, Desember 1, 2020
Beranda Teknologi Info Gadget Terbaru Adu Tangguh Antara Galaxy S4 dan BlackBerry Q10

Adu Tangguh Antara Galaxy S4 dan BlackBerry Q10

RANCAH POST – Samsung Galaxy S4 dan BlackBerry Q10 keduanya adalah  produk baru yang baru saja dibesut oleh 2 vendor terkenal. Di antara keduanya, kira-kira mana yang terbaik?
Beberapa hari lalu, Galaxy S4 telah dirilis secara resmi di beberapa negara. Banyak orang yang tertarik akan kecanggihan perangkat satu itu. Selain Galaxy S4, ada satu smartphone yang boleh dibilang sebagai kompetitornya yaitu BlackBerry Q10.

Apabila Galaxy S4 telah dirilis, BlackBerry Q10 belum dirilis secara resmi. Kedua smartphone ini dilengkapi dengan segudang fitur, fasilitas dan kecanggihan untuk memudahkan aktivitas sehari-hari penggunanya.

Namun, apabila dibandingkan kira-kira perangkat mana yang lebih unggul?

Apabila dilihat dari sisi ukuran besarnya, BlackBerry Q10 memiliki tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan Galaxy S4. BlackBerry Q10 hanya memiliki dimensi total sebesar 120x67x10,4mm dengan berat 139 gram. Sedangkan Galaxy S4 memiliki dimensi sebesar 136,6×69,8×7,9mm dengan berat 133 gram.

Namun, apabila digunakan untuk melakukan aktivitas seperti memproses data atau browsing atau juga melihat gambar dan video, Galaxy S4 lebih unggul dibandingkan dengan BlackBerry Q10. Perangkat besutan Samsung tersebut dilengkapi dengan layar sebesar 5 inci (1080×1920 pixel Super AMOLED touchscreen), sedangkan smartphone ciptaan BlackBerry itu hanya memiliki layar sebesar 3 inci (720×720 pixel Super AMOLED touchscreen).

Untuk masalah texting atau pengetikan dengan menggunakan qwerty keyboard, memang tidak dapat dibandingkan atau mengunggulkan salah satu produk karena sampai sekarang ini juga masih banyak orang yang mengatakan bahwa mereka lebih lancar dan enak menggunakan keyboard fisik daripada touchscreen.

Dalam urusan prosesor, Galaxy S4 kembali ungguli BlackBerry Q10 karena produk dari perusahaan Korea Selatan ini dilengkapi dengan prosesor Quad-Core 1,9GHz Qualcomm Snapdragon 600, sedangkan BlackBerry Q10 hanya menggunakan prosesor Dual-Core 1,5GHz Cortex A9.

Seperti halnya masalah texting, dalam hal operating system, OS yang digunakan oleh BlackBerry Q10 dan Galaxy S4 berbeda. BlackBerry Q10 menggunakan BlackBerry 10 OS sedangkan Galaxy S4 memakai Android 4.2.2 Jelly Bean.

Tentunya, dari dua operating system ini memiliki keunggulan dan kelebihan sendiri-sendiri.

Sekali lagi, Galaxy S4 lebih unggul dibandingkan BlackBerry Q10 untuk urusan kamera. BlackBerry Q10 hanya dilengkapi dengan kamera sebesar 8MP (belakang), 2MP (depan) dan LED flash.

Sedangkan Galaxy S4 dilengkapi dengan kamera dengan resolusi lebih besar, 13MP (belakang) dan 2MP (depan). Terdapat juga fitur LED flash dan autofocus.

Untuk masalah baterainya, sedikit ada kerancuan karena walaupun baterai yang digunakan Galaxy S4 lebih besar (2600 mAh) dibandingkan dengan BlackBerry Q10 (2100 mAh), namun diperkirakan Galaxy S4 akan lebih boros baterai karena akan banyak fitur sekaligus prosesornya yang akan memangkas banyak energi.

Secara keseluruhan, dari tampilan, kedua perangkat tersebut memang terlihat menawan, namun untuk urusan bagian dalamnya (hardware dan software), nampaknya galaxy S4 lebih unggul dibandingkan dengan BlackBerry Q10.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here