26.3 C
Ciamis
Beranda Teknologi Viral Video Wujudkan Cita-cita, Tukang Las Asal Bone Berhasil Rakit Helikopter dari Besi Bekas

Wujudkan Cita-cita, Tukang Las Asal Bone Berhasil Rakit Helikopter dari Besi Bekas

Viral Video, RANCAH POST – Belum lama ini netizen dibuat kagum dengan sosok seorang tukang las di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan yang berhasil rakit helikopter.

Kaharuddin (40) namanya, pria yang yang merupakan warga Desa Kawerang, Kecamatan Cina ini menghabiskan biaya kurang lebih Rp 10 juta untuk merakit helikopter tersebut.

Detik-detik ketika dirinya tengah menguji coba helikopter buatannya itu sempat di rekam dan videonya viral di media sosial.

Uji coba tersebut dilaksanakan di pekarangan rumahnya pada Jumat, 21 Februari 2020 lalu. Dalam video tersebut terlihat bagaimana usaha Kaharuddin menguji coba helikopter rakitannya. Akhirnya helikopter terseburt bisa terbang meskipun baru setinggi 30 cm dari tanah.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, merakit helikopter merupakan cita-citanya sejak kecil. Untuk mewujudkannya, pria lulusan sekolah teknik mesin (STM) ini memulai proses perakitan dengan bermodalkan belajar dari YouTube dan Google.

Bodi helikopter rakitannya, terbuat dari besi bekas dan mesinnya berasal dari mobil Suzuki Carry 1.000 cc.

Sementara itu, video ketika Kaharuddin, tukang las asalah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan yang rakit helikopter dan tengah menguji cobanya ini viral di media sosial.

Berbagai komentar dari netizen pun langsung membanjiri kolom komentar unggahan tersebut. Banyak netizen yang merasa bangga dengan kegigihan Kaharuddin, tukang las yang rakit helikopter meskipun dari barang-barang bekas.

View this post on Instagram

Tukang las bikin helikopter dari rongsokan besi. . . Kaharuddin (40), warga Bone, Sulawesi Selatan, lulusan sekolah teknik mesin di Makassar, membuat helikopter bermodalkan besi tua. Saat ini, Kaharuddin berprofesi sebagai tukang las. . . "Saya tidak pernah merasa bosan, atau mengeluh, apalagi putus asa, saya yakin dan optimis helikopter ini akan bisa terbang," Ujar Kahar, Sabtu (29/2). . . Helikopter itu memiliki tinggi sekitar dua meter dan panjang mencapai dua setengah meter. Dalam proses perakitan helikopter yang viral itu, Kaharuddin harus merogoh kocek hingga Rp 10 juta. . . Mesin helikopter berbobot 240 kg itu berasal dari mesin milik mobil Suzuki Carry. Kaharuddin butuh lima orang untuk membantunya menarik tali, agar baling-baling helikopter tersebut dapat berputar. . . "Saya banyak belajar merakit, dari YouTube dan Google serta bantuan teman-teman," ujar Kaharuddin. . . Helikopter itu dibuat sejak Mei 2019. Kaharuddin boleh bernapas lega, helikopter itu viral dan sudah bisa terbang meski baru setinggi 30 cm dari tanah.

A post shared by Berita & Fakta Indonesia (@fakta.indo) on

presiden_meme_indonesia, “Masalah terbang atau tdk nya itu urusan nanti. Yang terpenting adalah usaha bapaknya itu yg paling penting.”

jepriansh_, “Andaikan bapak presiden nemui nii orang terus kasi modal insha allah Indonesia bakal ada helikopter sendiri”

anak.itik05, “mantap pak semangat. Kadang orang yg kelihatan kayak nggak bisa ngapa ngapain itu ternyata orang orang hebat. Salutt”

shandtama, “Mantap pak, lanjutkan. Cuman kalau bisa test drive nya di tanah lapang, dan minta yg nonton jaga jarak biar aman👍👍”

BACA JUGA: Berhasil Rakit Pesawat dari Barang Bekas, Haerul Dapat Apresiasi dari Bupati Pinrang

mzuladnan, “Maklum uji coba bpk itu gagal terbang,Karna memakai bahan apa adanya, Coba aj bpk ini di perhatikan pemerintah ,Kemungkinan besar Indonesia bisa bikin Heli sndiri seperti bpk habibie”

Stay Connected

105,286FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,257PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan

Must Read

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here