Senin, 28 September 2020
Beranda Berita Berita Nasional Ini Penjelasan Resmi Maspakai Soal Kalajengking di Kabin Lion Air

Ini Penjelasan Resmi Maspakai Soal Kalajengking di Kabin Lion Air

RANCAH POST – Belum lama ini, media sosial digegerkan dengan penampakan kalajengking pada kabin pesawat Lion Air rute Pekanbaru-Jakarta.

Kalajengking itu, sebagaimana dalam foto yang beredar, terlihat berada pada kabin Lion Air tepat di atas kursi seorang penumpang.

Karim, salah seorang penumpang sempat meminta bantuan petugas pesawat, namun petugas itu terlambat datang karena para penumpang sudah berdiri mengambil barang-barangnya.

Kalajengking di kabin Lion Air itu akhirnya menghilang sebelum berhasil ditangani.

Menanggapi kejadian kalajengking di Lion Air, pihak maskapai menyampaikan pernyataan tertulis. Berikut pernyataan resmi Lion Air sebagaimana diterima Rancah Post.

Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group memberikan klarifikasi terkait layanan nomor penerbangan JT-293 yang melayani rute dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Riau (PKU) menuju Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten (CGK), bahwa operasional telah dijalankan sesuai standar prosedur (SOP).

Penerbangan Lion Air JT-293 pada (14/ 02) dipersiapkan secara baik. Pesawat Boeing 737-800NG registrasi PK-LPK sebelum dioperasikan sudah dilaksanakan pengecekan lebih awal (pre-flight check) dan dinyatakan laik terbang (safe to flight).

Berdasarkan data catatan perawatan terjadwal pesawat registrasi PK-LPK, Lion Air sudah melaksanakan pengendalian hama dan binatang berupa fumigasi pada 19 Oktober 2018 dan pest control pada 6 Februari 2019.

Terkait dengan laporan salah satu penumpang yang menyebutkan adanya satu binatang berjenis kalajengking di bagasi kabin (head rack) sesaat setelah mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta serta perkembangan berita, atas hal ini masih dilakukan penyelidikan intens dan lebih lanjut.

Dari hasil pengamatan menurut video ataupun gambar yang berkembang, binatang dimaksud menyerupai seekor laba-laba.

Petugas layanan darat (ground handling) dan teknisi segera menjalankan penanganan mendalam serta menyeluruh pada pesawat setelah penumpang maupun kargo selesai diturunkan, namun tidak ditemukan binatang tersebut.

Dalam upaya memastikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, hari ini pesawat menjalani penanganan tepat sasaran guna membasmi serangan binatang secara efektif serta mencegah terjadinya potensi lain yang dibawa oleh binatang.

BACA JUGAGeger ‘teror’ kalajengking di kabin Lion Air, ini cerita penumpang

Lion Air telah meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional Lion Air lainnya tidak terganggu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

105,946FansSuka
1,824PengikutMengikuti
1,265PengikutMengikuti
10,600PelangganBerlangganan