RANCAH POST – Presiden SBY, pada hari ini Selasa (9/9/2014) merayakan ulang tahunnya yang ke-65, namun disebutkan tidak ada persiapan khusus yang dilakukan pihak Istana untuk merayakan hari jadi orang nomor satu di Indonesia ini.

Segala sesuatu berjalan seperti biasanya, tanpa pesta meriah.

“Tidak ada persiapan khusus. Presiden tetap beraktivitas seperti biasa,” kata Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha kepada Investor Daily di Jakarta, Senin (8/9).

SBY yang lahir di Desa Tremas, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada 9 September 1949, adalah anak tunggal dari pasangan Raden Soekotjo dan Siti Habibah. Pernikahannya dengan Kristiani Herawati atau Ibu Ani dikaruniai dua anak laki-laki, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono yang menikah dengan Anissa Pohan, dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas), yang menyunting Aliya Rajasa, putri sulung Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa.

Pernikahan Agus Harimurti dan Anissa Pohan dikaruniai seorang putri bernama Almira Tungga Dewi yang akrab disapa Aira. Sedangkan buah pernikahan Ibas dan Aliya Rajasa adalah Airlangga Satriadhi Yudhoyono.

“Ini adalah perayaan ulang tahun terakhir bagi Presiden selama memimpin negeri ini, selama dua periode. Presiden tetap beraktivitas seperti biasa, menjalankan tugas pemerintahan,” kata Julian.

SBY adalah pemimpin pertama di republik ini yang dipilih secara langsung melalui pemilihan umum (pemilu) yang demokratis. Sebagai Presiden ke-6 RI, SBY memimpin selama dua periode, yaitu pada 2004-2009 dan 2009 – 2014. Rencananya, pada 20 Oktober mendatang, SBY akan menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada presiden terpilih Joko Widodo.

Menurut Julian, di hari istimewanya, SBY dijadwalkan melaksanakan sejumlah agenda kegiatan pemerintahan. “Ada dua agenda penting yang akan dilaksanakan Presiden, pada hari ulang tahunnya,” jelasnya.

Pertama, pada pukul 10.00 WIB, Selasa (9/9) SBY akan meresmikan Pusat Kesehatan Ibu dan Anak di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jalan Diponegoro, Jakarta. Selanjutnya, pada pukul 14.00 WIB, memimpin rapat terbatas Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II di Kantor Kepresidenan. “Agenda kegiatan Presiden telah terisi penuh. Tidak ada yang berubah,” jelas dia.

Disebutkan, para perangkat Kepresidenan juga tidak mempersiapkan acara khusus menyambut ulang tahun SBY. “Tidak ada. Kami hanya akan mengucapkan selamat dan mendoakan Presiden,” katanya.

Julian enggan berkomentar ketika dikonfirmasi seputar acara syukuran hari ulang tahun Presiden SBY, yang akan digelar pada Senin (8/9), pukul 19.30 WIB di kediaman pribadi Puri Indah Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rencananya, dalam acara syukuran itu, Presiden mengundang jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II, jajaran pimpinan lembaga negara, dan elite Partai Demokrat.

“Tidak dirayakan secara terbuka. Saya tidak bisa memberikan penjelasan soal itu. Saya tidak tahu,” kata Julian.

Apa pun bentuk perayaan yang akan digelar, SBY pernah merayakan ulang tahunnya bersama wartawan di sela penyelenggaraan KTT APEC di Sydney, Australia, pada tahun 2007 lalu. Selamat Ulang Tahun, Presiden SBY!

Share.

Leave A Reply